PENGERTIAN
KARAKTERISTIK SISWA
Karakteristik
berasal dari kata karakter yang berarti tabiat watak, pembawaan, atau kebiasaan
yang di miliki oleh individu yang relatif tetap (Pius Partanto, Dahlan, 1994).
Karakteristik
adalah mengacu kepada karakter dan gaya hidup seseorang serta nilai-nilai yang
berkembang secara teratur sehingga tingkah laku menjadi lebih konsisten dan
mudah di perhatikan.(Moh. Uzer Usman,1989).
Siswa
atau anak didik adalah setiap orang yang menerima pengaruh dari seseorang atau
sekelompok orang yang menjalankan pendidikan.
Anak
didik adalah unsur penting dalam kegiatan interaksi edukatif karena sebagai
pokok persoalan dalam semua aktifitas pembelajaran (Saiful Bahri Djamarah,
2000) .
KALASIFIKASI
KARAKTERISTIK SISWA
Pribadi
dan lingkungan
Umur,
Jenis kelamin, Keadaan ekonomi orang tua, Kemampuan pra sekolah, Lingkungan
tempat tinggal
Psikis
Tingkat
Kecerdasan, Perkembangan jiwa anak, Modalitas belajar, Motivasi, Bakat dan
minat
KALASIFIKASI KARAKTERISTIK SISWA BERDASARKAN
POTENSI
Aliran
yang berkaitan dengan potensi manusia menerima pendidikan
1.
Nativisme
Arthur
Schopenhour dari Jerman (1788-1860) anak yang baru lahir membawa bakat
kesanggupan dan sifat-sifat tertentu
2.
Empirisme
Manusia
itu dalam perkembangan pribadinya semata-mata ditentukan oleh dunia di luar
dirinya. John Locke (1632-1704) dari Inggris dengan teorinya “Tabula Rasa”
3.
Konvergensi
William
Stern (1871-1938), yang mengatakan : “kemungkinan-kemungkinan yang dibawa lahir
itu adalah petunjuk-petunjuk nasib dengan ruangan permainan. Dalam ruangan
permainan itulah letaknya pendidikan dalam arti seluas-luasnya
Klasifikasi
Kecerdasan
> 140
=
Genius
130 –
139 = Sangat Pandai
120 –
129 = Pandai
110 –
119 = Di atas Normal
90 –109 = Normal/Sedang
80 – 89 =
Di bawah Normal
70 – 79 =
Bodoh
50 – 69 =
Feeble Minded: Moron
< 49 =
Feeble Monded: Imbicile/Idiot
Tidak ada komentar:
Posting Komentar