Perusahaan Apple Inc.
I.Latar Belakang
Apple Inc. (sebelumnya bernama Apple Computer, Inc.) adalah
sebuah perusahaan
multinasional yang berpusat di Silicon Valley, Cupertino,
California dan bergerak dalam bidang perancangan, pengembangan, dan penjualan
barang-barang yang meliputi elektronik
konsumen, perangkat lunak komputer, serta komputer pribadi. Apple Inc. didirikan
pada tanggal 1 April, 1976 dan diinkonporasikan menjadi Apple Computer, Inc.
pada tanggal 3 Januari, 1977. Pada 9 Januari, 2007, kata "Computer"
dihapus untuk mencerminkan fokus Apple terhadap bidang elektronik konsumen
pascapeluncuran iPhone.
Apple dikenal akan jajaran produk perangkat
lunak diantaranya sistem operasi OS X dan iOS, pemutar musik iTunes, serta peramban web Safari, dan perangkat keras diantaranya komputer meja iMac, komputer jinjing MacBook Pro, pemutar lagu iPod, serta telepon genggam iPhone.
II.Tujuan
Steve Jobs mengatakan bahwa tujuan Apple
didirikan bukanlah untuk mendapatkan uang. Tujuan kami adalah mendesain dan
membangun lalu memberikan barang-barang bagus ke masyarakat. Kami percaya
dengan cara begitu, orang-orang akan menyukai kami, dan sebagai gantinya,kami
akan mendapatkan uang. Tapi kami memahami betul mengenai tujuan-tujuan yang
kami miliki.
http://www.idbite.com/artikel/1097/15-quote-terbaik-dari-steve-jobs
III.Manfaat
1.
Strategi Aras
Korporasi
Menjualnya secara eceran, melalui distributor
ataupun melalui kerjasama dengan operastor selular adalah sebuah pilihan.
Sebuah cara dalam berdagang dan ini tidak melanggar etika bisnis. Cara ini di
pilih sebagai strategi perusahaan dalam berbisnis. Hal utama adalah bisa
mendatangkan margin.
2.
Berkelas dan Eksusif
Dengan memilih tidak melayani pelanggan
secara langsung, RIM dan Apple Inc ingin menonjolkan kesan mewah dan hanya
untuk kalangan tertentu. Dengan Harga yang cukup tinggi dan dipaket bersama
jasa operator selular artinya hanya oran-orang yang berduit saja yang mau
secara rutin mengeluarkan biaya bulanan. Iphone dan Blackberry yang dibeli
selain dari operator selular adalah produk “Haram”.
3.
Membangun Loyalitas
Salah satu sifat mendasar manusia adalah
ingin dihargai dan diakui. Dengan menggunakan produk yang bukan sejuta umat,
secara tidak langsung penggunanya merasa
bahwa mereka sebagian kecil kaum yang sukses secara materi. Loyalitas pada
perangkat ini terus mereka pertahankan demi status sosial.
4.
Mengikat Konsumen
Cinta itu tumbuh karena kebiasaan,konon
begitu katanya. Kewajiban berlangganan dalam waktu tertentu, minimal 2 tahun
untuk bisa menggunakan Iphone akan membuat orang cinta mati. Seperti nikotin atau zat adiktif, ada
yang hilang jika berhenti memakainya. Apalagi ditambah dengan berbagai service
tang menarik dari operator.
Penertapan stategi people management
perusahaan apple merupakan perpaduan anatar pengoptimalan sumber daya manusia
yang handal dan kerja tim dari berbagai fungsional untuk mencapai visi
perusahaan.
IV.Pembahasan
Apple Computer (sekarang dikenal sebagai Apple, Inc)
adalah kekuatan utama dalam revolusi Personal Computer (PC) yang berlangsung di
tahun 1970-an dan’80s. Dan bahkan revolusi itu terus menerus berlangsung hingga saat ini, berkat inovasi yang terus-menerus dilakukan oleh
pihak pengembang Apple. Saat pendiriannya, produk pertama yang
dikeluarkan adalah The Apple I yang juga dikenal sebagai Apple-1, merupakan awal komputer
pribadi dan merupakan nenek moyang dari semua
komputer APPLE pada masa selanjutnya. Komputer ini dirancang dan dibangun
secara hand made oleh Steve Wozniak dan Steve Jobs-lah yang mempunyai ide
penjualan komputer. Produk Apple pertama ini pertama kali ditunjukkan ke publik
pada April 1976 di Homebrew Computer Club di Palo Alto, California dan mulai
dijual pada Juli 1976.
Berbeda halnya dengan Apple I yang masih menggunakan
kayu sebagai casingnya, Apple II telah melakukan up grade berbeda dengan
menggunakan casing dari bahan metal. Apple II diluncurkan pada April 1977, dan
ditujukan untuk kebutuhan personal. Apple II ini telah mendukung Graphic,
Bahasa BASIC, Visical (dengan Excel sebagai jendelanya), dan dilengkapi dengan
game Oregon Trail. Apple II ini juga dilengkapi dengan twin floppy disk drive
dan monitor. Apple II juga memiliki fitur yang terintegrasi keyboard, suara,
plastik kasus, dan delapan internal slot ekspansi.
Pada awal tahun 1980-an, Apple Computer menghadapi
meningkatnya kompetisi dari perusahaan lain. Saingan utama Apple Computer adalah Commodore. Walaupun Apple
II telah dinyatakan siap platform karena Visicalc, Apple tetap menyiapkan Apple
III untuk menyaingi IBM versi PC.
Pada Desember 1979, Steve Jobs dan teknisi grup
komputer Apple melakukan tur ke laboratorium Xerox PARC dan dengan disaksikan
peneliti dari Xerox, mereka mendemonstrasikan GUI (Graphic User Interface) pada
computer Alto. Pada saat itu Steve Jobs menyadari pentingnya GUI pada computer
masa depan daripada menggunakan interface berbasis teks (misalnya, perbandingan
perintah dengan command prompt dibandingkan dengan perintah pada layar windows
yang lebih nyaman).
Dalam pakta kerja samanya Xerox memberika akses pada
Apple untuk menggunakan fasilitas yang dimiliki oleh Xerox selama 3 hari sebagai
kompensasi nilai tukar saham yang kala itu mencapai $ 1.000.000. Selama masa
itu, para ilmuwan Apple mempelajari liku-liku dari GUI atau interface WIMP
sehingga menghasilkan computer Apple yang pertama kali berbasis GUI dan diberi
nama LISA (konon nama ini berasal dari putri pertama Steve Jobs yang merupakan
kepanjangan dari Locally Integrated Software Architecture).
Hanya saja, Local Intregated Software Architecture
atau LISA bisa dibilang sebagai produk gagal APPLE karena walaupun LISA sudah
dilengkapi dengan mouse dan GUI (Graphical User Interface), LISA dibandrol
dengan harga sangat mahal, sekitar $10,000 dan LISA tidak Compatible dengan
produk sebelumnya yaitu Apple II sehingga gagal melakukan penetrasi pasar.
Pada pada tahun 1984 Apple mengeluarkan produk baru yaitu MAC 128k dan mampu mendobrak dominasi IBM dan
DOS pada saat itu. Setelah 3 tahun sejak kesuksesan MAC 128k, Pada 1987
APPLE kembali meluncurkan MAC II yang ditambahi dengan dipasangnya Floppy Disk
Slot (disket) serta juga memakai HardDisk sebagai penyimpan data, selain itu
MAC II juga didukung 8-bit/256 Color Video.
Setelah itu Apple juga
mengeluarkan Macintosh Color
Classic. Komputer APPLE pertama yang
layar nya berwarna, sudah ada Smiley icon-nya, dan
pengaturan suara dan contrast melalui layar monitor.Kemudian pada tahun 1989, Apple mengeluarkan Mac Portable. Dijual seharga kurang lebih $6,500, dengan berat 6kg
juga dilengkapi dengan Trackball (Trackpad) dan dilengkapi dengan battery yang
mampu bertahan selama 10jam. TAM (Twentieth
Anniversary Macintosh) menyusul kemudian yang sempat dipromosikan melalui film Batman & Robin, dan sudah
memiliki Sound Card dan Remote Control.
Melalui iMac inilah APPLE dapat kembali bangkit dari
kebangkrutan yang melandanya selama 2 tahun. Salah satu inovasi produk yang banyak kalangan menilai suatu kegilaan
karena diproduksi tanpa menggunakan Keyboard, Mouse dan Monitor, dirilis pada
tahun 2005. Disebut-sebut sebagai komputer tertipis didunia dengan
hanya seberat 1,5 Kg, Ketebalan bagian depan hanya 0,16 Inch dan bagian
belakang 0,76 Inch. Yang menarik, casing laptop itu berbahan
alumunium yang mudah didaur ulang dan komponen-komponennya dibuat dari
bahan-bahan yang tak berbahaya. Tahun 2001 Apple kembali mengeluarkan Ipod, dan
pada tahun 2010 mengeluarkan tablet fenomenal yang diberi nama Ipad.
Dilihat dari
perkembangan produk yang dikeluarkan Apple dari tahun ke tahun, sangat terlihat
inovasi yang dilakukan. Dari komputer pertama yang dikeluarkan dan masih
berbentuk sederhana, berukuran besar serta memiliki fitur yang sangat
sederhana, hingga saat ini mampu mengeluarkan produk fenomenal yang berbentuk
stylish dan memiliki fitur yang sangat lengkap untuk sebuah tablet komputer.
Inovasi yang terus
menerus, serta kemampuan untuk memahami kebutuhan dan pergerakan pasar sangat
dibutuhkan agar produk yang dihasilkan bisa diterima dengan baik di pasaran.
Tim Riset dan pengembangan yang dimiliki Apple berusaha dengan baik untuk
mengetahui dan meneliti kebutuhan masyarakat akan produk komputer. Sebelum
melaksanakan pengembangan produk, Apple inc juga melakukan beberapa tahapan,
seperti:
a. Perencanaan :
kegiatan perencanaan ini sering dirujuk karena kegiatan ini mendahului
persetujuan proyek dan proses peluncuran pengembangan produk aktual. Sebelum
menciptakan produk, perusahaan selalu merencanakan terlebih dahulu tentang
konsep perkembangan konsep produk yang akan diciptakan.
b. Pengembangan Konsep :
Pada fase pengembangan konsep ini, kebutuhan pasar target diidentifikasi
dan diteliti terlebih dahulu oleh pihak Apple, kemudian alternatif
konsep-konsep produk akan dievaluasi, dan satu atau lebih konsep dipilih untuk
pengembangan dan percobaan lebih jauh.
c. Perancangan Tingkatan Sistem :
Fase perancangan tingkat sistem mencakup definisi arsitektur produk dan
uraian produk menjadi subsistem-subsistem serta komponen-komponen yang
dibutuhkan.
d. Perancangan Detail :
Fase perancangan detail mencakup spesifikasi lengkap dari bentuk yang akan
diciptakan, material dan toleransi-toleransi dari seluruh komponen unik pada
produk dan identifikasi seluruh komponen standar yang dibeli dari
pemasok. Jadi segala sesuatunya dibuat lebih mendetail pada tahapan ini.
e. Pengujian dan perbaikan :
Fase pengujian dan perbaikan melibatkan konstruksi dan evaluasi dari
bermacam-macam versi produksi awal produk. Produk yang telah dihasilkan
kemudian di uji untuk meminimalisis kesalahan dan kelemahan produk. Serta
kelemahan yang ditemukan akan segera diperbaiki, hingga pada akhirnya akan
menciptakan produk yang berkualitas dan sesuai dengan keinginan perusahaan.
f. Produksi awal :
Pada fase produksi awal, produk dibuat dengan menggunakan sistem produksi
yang sesungguhnya. Hasil perbaikan dan rancangan dari proses sebelumnya
kemudian di analisis dan dijadikan dasar dalam kegiatan produksi awal.
Setiap produk memiliki masa daur hidup produk yang berbeda. Produk
elektronik biasanya memiliki rentang waktu yang lebih sempit dibandingkan
produk lainnya. Apple sangat menyadari pola daur hidup produk. Setelah
melakukan tahapan sebelumnya dan menghasilkan produk baru, Apple mempersiapkan
diri dengan mempersiapkan tahapan daur hidup produk (Product Life Cycle)
sebagai berikut:
1. Tahap Perkenalan / Introduction
Pada tahap umumnya produk yang baru
diciptakan belum dikenal dan diketahui oleh target konsumen sehingga dibutuhkan
pengenalan produk kepada target pasar dengan berbagai cara. Namun ini berbeda
dengan perusahaan Apple. Sebelum melemparkan produk di pasaran, Apple biasanya
mengeluarkan rumor tentang jenis produk yang akan dikeluarkan. Ini merupakan daya
tarik yang besar bagi Apple. Disaat produk lain belum dikenal di pasaran saat
lounchingnya, namun produk apple sudah sangat ditunggu kehadirannya. Rumor
tentang produk baru biasanya membuat konsumen target merasa penasaran dan
menimbulkan keingin tahuan memiliki dan membeli produk tersebut. Jadi pada
umumnya produk Apple akan langsung terjual habis di Lounching pertamanya.
2. Tahap Pertumbuhan / Growth
Pada tahap ini konsumen sudah mengenal
produk yang dikeluarkan perusahaan. Adanya promosi yang dilakukan Apple semakin
meningkatkan jumlah penjualan dan laba yang diperoleh. Pada tahapan ini banyak
penjual dan distributor yang turut terlibat untuk ikut mengambil keuntungan
dari besarnya animo permintaan pasar akan produk apple.
3. Tahap Kedewasaan / Maturity
Di tahap ini produk perusahaan mengalami
titik jenuh dengan ditandai dengan tidak bertambahnya konsumen yang ada
sehingga angka penjualan tetap di titik tertentu dan jumlah keuntungan yang
menurun serta penjualan cenderung akan turun jika tidak dibarengi dengan
melakukan strategi untuk menarik perhatian konsumen dan para pedagang. Karena
sudah banyak pesaing, para pedagang mulai meninggalkan persaingan dan yang baru
tidak akan banyak terlibat karena jumlah konsumen yang tetap dan cenderung
turun. Untuk menyikapi fase ini, yang biasanya ditunjukkan dengan sudah
berkurangnya permintaan akan produk, Apple melakukan strategi yaitu memberikan
potongan harga terhadap produk tertentu, atau mengeluarkan produk penyempurna
dari produk yang sebelumnya. Misalnya pada iphone, dikeluarkan penyempurnanya
yaitu iphone 3gs, iphone 4 dan bahkan iphone 4s. Produk penyempurna ini
biasanya merupakan perbaikan dari produk sebelumnya baik dari segi desain
maupun fitur. Penyempurnaan ini bertujuan untuk memperpanjang fase kedewasaan.
4. Tahap Penurunan / Decline
Pada kondisi decline produk perusahaan
mulai ditinggalkan konsumen untuk beralih ke produk lain sehingga jumlah
penjualan dan keuntungan yang diperoleh produsen dan pedagang akan menurun
drastis atau perlahan tapi pasti dan akhirnya mati. Apabila perusahaan tidak
menemukan strategi yang bisa meningkatkan penjualan dan memperpanjang masa
hidup produk, maka pada akhirnya akan terjadi penurunan dan produk tak akan
laku lagi di pasaran.
V.Penutup (Kesimpulan)
Produk baru sangat
penting dalam mempertahankan tingkat pertumbuhan dan keuntungan perusahaan
serta menggantikan produk – produk yang sudah tidak disukai lagi oleh
konsumen sehingga produk yang di hasilkan oleh produsen dapat selalu
disukai dan mengikuti perkembangan dari permintaan apa yang disukai oleh
konsumen.
Dengan beralihnya pandangan
pasar ,dan produk sejenis juga sudah banyak yang dihasilkan produsen ,
maka para pelaku bisnis juga harus memikirkan bagaimana cara agar produk
yang mereka hasilkan dapat diminati dan disukai oleh konsumen, maka para
pebisnis melakukan proses pengembangan dan pengelolaan produk baru.
Apple adalah salah satu
perusahaan yang sukses dalam mengembangkan produk baru. Hal-hal yang dilakukan
antara lain : Membuat komitmen jangka panjang yang diperluakan untuk mendukung
inovasi dan pengembangan produk baru ,Menggunakan pendekatan khusus perusahaan
,digerakkan oleh tujuan perusahaan dan strategi –strategi yang dimiliki oleh
perusahaan ,yang telah ditegaskan sebagi strategi utama perusahaan mereka.
Apple senantiasa
melakukan inovasi dan pengembangan terhadap produk, hal ini disesuaikan dengan
kebutuhan dan selera pasar. Hal ini juga dilakukan untuk mencapai dan
mempertahankan keunggulan bersaing ,Membangun sebuah budaya manajemen dalam perusahaan,struktur
organisasi dan dukungan manajemen puncak yang kondusif guna mencapai tujuan
spesifik produk baru serta tujuan perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar