Jumat, 26 September 2014

7 faktor yang mempengaruhi karakter seseorang

Setidaknya ada 7 faktor yang mempengaruhi karakter seseorang :

PERTAMA, BERKAITAN DENGAN KARAKTER KEDUA ORANG TUANYA, Tak diragukan lagibahwa manusia mewarisi sifat fisik dan karakter psikologis dari orang tuanya.


KEDUA, PENERAPAN KONSEPSI TERSEBUT, ini berkaitan dengan kadar cinta diantara kedua orang tuanya dan sejauh mana keakraban hubungan antara keduanya.

KETIGA, MAKANAN SANG IBU DAN SELURUH KEADAAN FISIK, MENTAL DAN EMOSI SERTA RUHANI SANG ANAK TUMBUH DALAM RAHIM.

KEEMPAT, BERKAITAN DENGAN KONDISI PADA SAAT MELAHIRKAN, faktor ini bersifat kritis karena pada saat inilah peralihan alam terjadi. Dilahirkan dibawah sinar lampu yang menyilaukan dalam rumah sakit yang menggelar pertunjukkan teater, lalu dikelilingi oleh orang-orang yang tidak dikenal yang sibuk dengan urusannya masing-masing, bukanlah cara terbaik memasuki kehidupan dunia. Secara tradisional, dimasa lampau, anak-anak dilahirkan di rumah, dimana sang ibu merasa nyaman dalam lingkungannya sendiri, bersama keluarga yang merawatnya dengan cinta kasih. 

KELIMA, PERAWATAN SANG ANAK SELAMA DUA TAHUN PERTAMA, termasuk makanan, cinta kasih, perhatian, dan kehangatan yang diberikan oleh sang ibu, serta cinta kasih yang terjalin antara kedua orang tua dengan sang bayi.

KEENAM, CARA PENGASUHAN ANAK, PEMELIHARAAN, DAN LINGKUNGAN SOSIAL DI SEKELILINGNYA. Seorang anak yang dibesarkan dalam lingkungan kriminal sangat mungkin meniru tindak kejahatan seperti yang ia lihat di lingkungannya, sedangkan seorang anak yang dibesarkan di lingkungan yang penuh cinta kasih, kejujuran, dan harmonis, sangat mungkin mengulangi aspek perilaku yang sama di lingkungannya itu.

KETUJUH, FAKTOR YANG PALING UTAMA ; BESARNYA TEKAD DAN KEJELASAN TUJUAN HIDUP SESEORANG. Seseorang boleh jadi secara genetis mewarisi kelemahan atau kecacatan fisik tertentu atau dilahirkan dalam sebuah lingkungan yang kacau. Namun ia menyadari akan hal ini dan memiliki kekuatan serta tekad untuk keluar dari kehidupan seperti itu, menghapus masa lalunya dan berjuang mengatasi berbagai keterbatasan itu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar