Jumat, 26 September 2014

Teori Karakter

ASAL KARAKTER

Ada dua teori mengenai asal-mula karakter ini. Teori yang pertama mengatakan bahwa karakter itu seperti gen kita, sudah dibawa sejak lahir, seperti warna rambut dan golongan darah. Artinya, kalau saat ini kita mempunyai sifat judes itu karena kita sudah mempunyai sejak dilahirkan. Sedangkan teori lainnya mengatakan bahwa karakter manusia itu terbentuk melalui proses seumur hidup melalui interaksi dengan orang lain dan lingkungan.


Saya tidak memilih salah satu dari kedua teori di atas, karena keduanya sama-sama benar. Bagi saya, darimana asal karakter tidak penting jika dibandingkan dengan apa yang seharusnya kita lakukan dengan diri kita ini. Bagaimana kita bisa mengenal diri kita, mengenal orang lain, dan membina hubungan dengan mereka. Mengetahui kekuatan diri kita dan juga kelemahan karakter kita.

Dari pengalaman hidup saya, kepribadian manusia bertumbuh karena didikan keluarga dan pengaruh teman. Bagian terbesar yang mempengaruhi perkembangan kepribadian terletak pada siapa dia menghabiskan sebagian besar waktunya dan kepada siapa dia menaruh kepercayaan. Orang yang dipercaya mempunyai kesempatan terbesar untuk membentuk dan mempengaruhi perekembangan karakter seseorang. Namanya saja mempercayai orang lain, maka di situ kita akan membuka diri kita kepadanya dan secara tidak langsung mengidolakannya. Orang kepercayaan ini bisa keluarga, teman sepermainan, ataupun orang yang kita kagumi. Menjadi orang yang bisa dipercaya memang menyenangkan, namun juga memunculkan tanggungjawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar